Cari Resep Ini

Gudeg

Bahan :

500g nangka muda, kupas dan bersihkan getahnya, cacah kasar
50g  daun singkong, rebus setengah matang, peras airnya
8 lbr  daun jati
5 bh  cakar ayam
500ml  santan dari 1/4 btr kelapa
3 lbr daun salam
2 cm lengkuas

Bumbu Halus :

10 btr besar bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdm  ketumbar
1 sdt garam
100g  gula merah sisir

Areh :
750ml  santan kental
1 sdt  garam


Cara Membuat :

Tutup rata dasar panci dengan 6 lbr daun jati. Masukkan nangka muda dan cakar ayam ke dalam panci. Tuang santan cair, masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan daun singkong.

Tutup bagian atasnya dengan 2 lbr daun jati, lalu tutup panci. Masak dengan api sedang sampai mendidih, lalu kecilkan api. Masak 6 jam atau sampai nangka berwarna kecoklatan sambil diaduk sesekali, atau masak terus sampai kering ( jika suka )

Areh :
Capur garam dengan santan kental. Masak dengan api kecil 30 menit sampai areh berminyak dan mengental. Tuang ke atas gudeg yang sudah matang

Sajikan dengan :

Tips :

Warna merah Gudeg diperoleh dari pemilihan nangka yang tepat serta cara memasak yang lama dengan api kecil. Atau gunakan daun jati. Jika sulit diperoleh, manfaatkan air rebusan kacang merah kering. Untuk 500g nangka muda, rebus 200g kacang merah kering dnengan 500ml air. Masak hingga air tinggal 300ml. Masukkan air rebusan ke dalam panci nangka.

Untuk memudahkan pembuatan areh, tempatkan campuran santan dan garam ke dalam mangkuk tahan panas. Pada saat memasak nasi, masukkan mangkuk di samping atau di atas beras aron, kukus bersama-sama hingga areh kental.

    0 komentar:

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Followers

    NetworkedBlogs

      © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP